IBEX Buka Latihan Pemanjatan Tebing Alam di Tana Toraja, FPTI Tana Toraja Hadirkan Ecosport Turism

Reportikaindonesia.com // Tana Toraja, Sulsel — Bagi para wisatawan keluarga, liburan yang dijalani dengan berolahraga sambil menjelajahi indahnya alam akan membuat tubuh sehat plus kenangan indah yang melekat. Bayangkan serunya panjat Tebing untuk para keluarga berjiwa petualang.

Menjawab kekayaan dan potensi tebing alam yang dimiliki Kabupaten Tana Toraja Sulawesi selatan, Indonesia Big Wall Expedition IBEX yang beralamat di Jalan Golf Bar I, No 9, Arcamanik, Kota Bandung, melaksanakan giat pembuatan jalur sport climbing dan pelatihan panjat tebing alam yang dikonsentrasikan di Tebing Alam Buntu Sarira, Kelurahan Buntu Sarira, kecamatan Makale Utara. Tana Toraja.

Kegiatan ini digelar selama 6 (enam) hari, 2 – 6 November 2022. Diawali dengan materi “management pra expedisi”, peserta yang berjumlah 16 orang, berasal dari Palu, Makassar, Pinrang, Semarang, Indramayu, Manado, Gowa Toraja Utara dan Tana Toraja sendiri, akan melalui tahapan kegiatan pelatihan dan best practice, pemanjatan dan pembukaan jalur.

Pada acara pembukaan, dihadiri Lurah Sarira, Thomas Kala’padang, SE mewakili Camat Makale Utara sekaligus Pemerintah Daerah setempat, beserta seluruh peserta, Ketua Pelaksana (Robi Prima) dan Ketua IBEX (Freden Sembiring Milala), serta Ketua Harian Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Tana Toraja (Kalalembang Oktavianus).

Adapun materi dan benefit yang diperoleh seluruh peserta pada kegiatan ini antara lain : Pembelajaran Materi (basic rock climbing, multipitch tradisional dan AID climbing, simulasi pembuatan dan pemanjatan jalur sport climbing), Modul, Makanan selama pelatihan, tranportasi dari makassar, dan T-Shirt.

Ibex mengadakan Latihan untuk Angkatan ke 2 di Tana Toraja Sulawesi Selatan. Kegiatan ini bertujuan untuk menambah SDM pemanjat tebing2 di Indonesia dan Dunia sekaligus memperkuat tim ekspedisi Ibex yang akan diselenggarakan 1 dan 2 tahun mendatang yaitu El Capitan, Yosemite dan Trango Tower, Baltoro Pakistan. Ungkap Freden

Sementara Ketua FPTI Tana Toraja, berharap kegiatan sejenis ini, sangatlah positif dan perlu di dukung semua pihak, mengingat kondisi alam perbukitan toraja bisa menunjang lahir dan hadirnya sport turism/olahraga sambil berwisata di Bumi Lakipadada. Hal ini menjadi moment hadirnya ecosport turism. Bukan kali pertama kawan kawan dari pulau jawa ke toraja, ini sdh kesekian kalinya. Teman teman Mapala dari salah satu Universitas terkemuka diJakarta, dari Bandung, Surabaya dan Makasaar, baik melalui institusi maupun perorangan, mereka datang untuk mencoba memanjat di beberapa tebing di Tana Toraja. Salah satunya tebing bukit Tinoring di kecamatan Mengkendek, dan Buntu Kandora.

Kali ini IBEX dan Team Panitia untuk kalinya membuka jalur pemanjatan di tebing alam Buntu Sarira. Team yang berjumlah 20 orang, berasal dari berbagai daerah, ada yang berasal dari kota Palu, Bandung, Bogor, Malang, Sukabumi, Manado, Kuningan dan Kabupaten Karawang.

Kita berharap dengan jumlah Peserta dari berbagai Daerah Nusantara ini, akan menjadi corong informasi bagi kehadatangan dan kehadiran para pelaku sport tourism ke Tana Toraja khususnya panjat tebing.

Sesuai dengan Misi dan program kerja FPTI Tana Toraja, terkhusus dibidang minat tebing alam, yaitu melakukan inventarisasi dan fasilitasi pembuatan jalur pemanjatan tebing alam, maka dengan hadirnya kegiatan oleh IBEX, disadari sangat membantu.
Jauh jauh dari Kota Bandung, IBEX hadir dan menjadikan Tana Toraja sebagai locus kegiatan, bukan tanpa alasan. Pasti Tana Toraja dipilih menggunakan tolak ukur.

Freden Sembiring Milala, selaku Ketua IBEX, sangat terpukau dengan tebing alam Tana Toraja. Ini kehadiran saya yang ke 3 (tiga) kalinya, ungkap Freden – sapaan akrab dikalangan pemanjat tebing.
Entah kenapa, saya selalu terdorong untuk ke Tana Toraja, namun yang pasti tebing alam toraja sangat menantang, eksotis serta terjaga ke asriannya sebagai Daerah Wisata. Lalu tidak kalah pentingnya toraja dengan alamnya masih terjaga, dengan suhunya yang sejuk bahkan dingin serta keramahan masyarakatnya yang senantiasa mengundang kerinduan pelaku wisata untuk datang ke Tana Toraja. Tutup Freden.

Adapun Team scedule IBEX dan FPTI Tanggal 2 – 6 pemanjatan ditebing alam Buntu Sarira, tanggal 7 – 13 pemanjatan san pembuatan jalur di tebing Buntu Kandora, dan terakhir 14 – 15 November 2022, pembuatan jalur tebing wisata di Tondon.

(Salmon)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *