KOLABORASI BIDANG HAM KANWIL KEMENKUMHAM DENGAN SEKOLAH KANG EMIL DI BANDUNG

Reportikaindonesia.com // Kota Bandung, Jawa Barat – Kanwil Kemenkumham Jawa Barat diwakili Hasbullah Fudail (Kepala Bidang HAM) berkolaborasi dengan SMPN 2 Kota Bandung ( sekolah Kang Emil saat SMP/Gubernur Jawa Barat ) melakukan kampanye Anti Perudungan di kota Bandung. Kegiatan ini dilaksanakan sebagaimana arahan dari Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat R. Andika Dwi Prasetya yang ditindaklanjuti oleh Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Andi Taletting Langi, memerintahkan Kepala Bidang HAM beserta jajaran untuk melaksanakan Sosialisasi HAM dalam rangka pembekalan dan pendampingan sebelum Lomba Cerdas Cermat HAM (LCC HAM) serta untuk meningkatkan penghormatan, pemenuhan, perlindungan, penegakan dan pemajuan HAM bagi para pelajar SMP sebagai bentuk kewajiban dan tanggung jawab negara dalam upaya pemenuhan hak mengembangkan diri dimana salah satunya yaitu hak untuk mendapatkan pendidikan.

TIM Sosialisasi dari Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM diterima langsung oleh Dinar Yuliarti,Dewi Aniaty dan Muhammad Yasin Suliana selaku Guru PPKN SMPN 2 Bandung, Beliau menyampaikan apresiasi dan menyambut baik kehadiran Tim dari Kantor Wilayah dalam pemberian materi terkait HAM. karena tidak bisa dipungkiri bahwa pelanggaran HAM juga banyak terjadi di sekolah khususnya di kalangan pelajar SMP.

Kegiatan sosialisasi LCC HAM di aula indoor SMPN 2 Bandung yang diikuti oleh kurang lebih 50 orang siswa yang terdiri dari kelas 7 sampai kelas 9 serta siswa siswi yang mengikuti lomba LCC HAM.
Dilanjutkan dengan Kegiatan Sosialisasi LCC HAM di lapangan upacara SMP Negeri 44 Bandung yang dibuka oleh Aviani Santi selalu Guru Pembimbing SMP Negeri 44 Bandung, yang menyampaikan apresiasi dan menyambut baik kehadiran Tim dari Kantor Wilayah dalam pemberian materi terkait HAM karena tidak bisa dipungkiri bahwa pelanggaran HAM juga banyak terjadi di sekolah khususnya di kalangan pelajar SMP, serta disampaikan pula bahwa yang mengikuti sosialisasi HAM kurang lebih sebanyak 200 orang yang terdiri dari siswa dan siswi kelas 7 sampai Kelas 9.

Tim dari Kantor Wilayah menyampaikan materi terkait pengertian HAM, nilai-nilai HAM, penghormatan,perlindungan,penegakan,pemenuhan dan pemajuan HAM, memperkenalkan konsep non diskriminasi, serta bagaimana menjalankan kewajiban baik sebagai individu, ataupun kelompok, serta jenis-jenis pelanggaran HAM di kalangan pelajar seperti tawuran, bullying dan bentuk-bentuk kekerasan lainnya.

Disampaikan pula kepada para siswa siswi yang hadir mengikuti acara sosialisasi untuk menjadi role model dan Duta HAM untuk menyampaikan kepada teman-teman di kelasnya terkait sosialisasi HAM yang telah disampaikan.

Kegiatan sosialisasi HAM ditutup dengan pembekalan kepada Peserta Perwakilan masing-masing sekolah yang akan mengikuti Lomba Cerdas Cermat HAM. Pertama ada 10 sekolah terpilih di Wilayah Kota Bandung yang akan bertanding dalam acara Lomba Cerdas Cermat HAM dengan masing-masing sekolah mengirim 15 orang perwakilan dari guru dan tim peserta dan suporter untuk yel-yel nanti oleh tim peserta langsung. Kedua, tunjukkan keberanian bahwa adik-adik bisa menjadi juara.

Miliki rasa percaya diri dan kebanggaan menjadi perwakilan sekolah dan berikan kemampuan terbaik, jadi pelajari bahan materi yang sudah diberikan secara seksama. Ketiga, jangan lupa kecepatan tangan dalam memencet bel karena itu sangat menentukan khususnya untuk sesi pertanyaan rebutan yang memiliki nilai yang besar.

(fhat)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *